Thursday, February 7, 2019

Say No Boyfriend, I love My Family





Umi selalu berpesan kepadaku agar tidak larut dalam pergaulan apalagi dengan lawan jenis. Banyak sekali contoh pergaulan yang membuat orang-orang seumurku atau bahkan lebih dewasa lagi yang pada akhirnya menjadi mimpi buruk bagi mereka.


Berteman boleh dengan siapa saja kata Umi, namun kita harus memilih-milih dengan siapa kita berteman. Berteman untuk saling mengingatkan dalam kebaikan, berteman untuk selalu salaing membantu dalam segala situassi. Bukan berteman yang justru merugikan satu dengan yang lainnya.

Dalam hal pergaulan dengan lawan jenis, Umi mengingatkanku bahwa ada rambu-rambu pertemanan dengan lawan jenis yang tidak boleh di langgar selaku kita muslim. Rambu-rambu itu antara lain:

1. Tidak berdua-duaan

Berduaan atau khalwat adalah kondisi yang dilarang dalam islam. Berkhalwat dengan lawan jenis akan menimbulkan bisikan syaitan yang pada akhirnya dapat menjerumuskan kita ke arah yang tidak baik. 

Kondisi yang dimkalumi berkhalwat ketika dalam kondisi terdesak, tidak terduga dan tidak disengaja. Oleh karena itu kita harus selalu hati-hati agar jangan sampai terjebak dalam kondisi berkhalwat

2. Tidak Berikhtilat

Iklhtilat atau campur baur antara laki-laki dan perempuan sangat dilarang di dalam Islam, Kondisi ini seperti di bar, atau acara yang mencampur baurkan laki-laki dan perempuan. Oleh karena itu harus dihindari agar tidak terjerumus dalam ikhtilat. 

3. Tidak ada teman spesial dengan lawan jenis

Berteman dengan lawan jenis harus punya rambu-rambu tidak boleh diluar batas kewajaran. Misalnya kita menganggap spesial seseorang yang berbeda jenis kelamin, seperti adik-adikan abang-abangan sehingga kita merasa dekat dengan seseorang yang memungkinkan kita melanggar batas pergaulan dengan  lawan jenis.

Orang yang paling spesial hanyalah keluarga kita, Ayah ibu dan saudara-saudara kita. Karena dengan kehadiran dan suport mereka yang tulus kita akan mendapatkan lebih banyak dukungan yang murni tanpa ada maksud tertentu. 

Nah, itu adalah alasan mengapa saya harus mengatakan Say No Boyfriend , I love My Family


No comments:

Post a Comment