Sunday, February 3, 2019

Persiapan menghadapi Haid Pertama



Wanita diberikan keistimewaan tersendiri oleh Allah SWT. Bahkan dalam Alquran, wanita diabadikan sebagai nama surat diatara 114 surat yang ada. 

Keistimewaan wanita ini tidak dimiliki oleh laki-laki. Inilah mengapa banyak sekali aturan yang diturunkan oleh Allah untuk kaum wanita agar tetap berada dalam rambu-rambu yang telah ditetapkan oleh Allah. 

Diantara keistimewaan itu adalah wanita diberikan keistimewaan mendapatkan tamu bulanan. Tamu bulanan yang dalam istilah medis adalah menstruasi adalah keistimewaan kaum wanita yang harus diperhatikan bagaimana cara menghadapinya.

Untuk anak wanita yang baru mendapatkan haid pertama memang seharusnya perlu mendapatkan bimbingan oleh orang tua terutama ibu. Jika tak memiliki ibu, si remaja putri ini perlu konsultasi dengan kakak atau bibi yang telah terlebih dahulu mendapatkan ilmu yang benar tentang haid dan cara menghadapinya. 

Ilmu tentang haid

Ilmu tentang haid banyak didapatkan dari sumber yang benar. Jika si remaja putri adalah seorang muslimah, ilmu yang benar tentang haid didapat dari Alquran dan sunnah nabi. Pelajaran tentang haid ini diatur di dalam Alquran dan harus ditaati oleh setiap wanita yang telah Aqil baligh. 

Jika melihat segi medis ilmu tentang haid bisa didapat dari dokter maupun tenaga kesehatan yang berkompeten. Biasanya ilmu kedokteran akan membahas tuntas tentang haid ini dan dapat menjadi rujukan oleh setiap orang. 


No comments:

Post a Comment